Arogansi Sang Atasan Dungu

bbbsIni adalah kejadian nyata yang terjadi di sebuah kantor pemerintahan di daerahku, berdasarkan wawancara terhadap seorang pegawai pemerintahan provinsi – nama dan lokasi asli dirahasiakan – kepada bisaku-press kemarin.

“Sebenarnya bos ku ini kada bisa apa-apa, selama beberapa bulan bertugas sampai hari ini inya tuh bisanya hinggan menggunakan kewenangan inya sebagai atasan haja. Sedangkan kewajiban inya gasan memberikan arahan pekerjaan sehari-hari? Hampir kadada!” – “Sebenarnya bos ku ini tidak bisa apa-apa, selama beberapa bulan bertugas sampai hari ini dia itu bisanya hanya menggunakan kewenangan dia sebagai atasan saja. Sedangkan kewajiban dia untuk memberikan arahan pekerjaan sehari-hari? Hampir tidak ada!”, demikian pernyataan Andang – bukan nama sebenarnya – kepada bisaku-press saat berkunjung ke kantornya di bilangan perkantoran elit milih pemerintah, di Palangka Raya kemarin.

Kekesalan ini pemicunya – menurut Andang – disebabkan karena proses pelelangan yang baru saja dilakukan ternyata tidak sesuai dengan kehendak atasan. Maklum, menurut Andang si atasan ini menginginkan adanya keuntungan yang bisa didapatkan dari nilai lelang yang mencapai nilai seratus juta lebih, dimana si atasan ini nampaknya menginginkan paling tidak sekitar lima persen dari total lelang tersebut bisa didapatkan dan masuk kantong pribadi.

“Kalau bisa dibilang, dari semua penempatan sebelumnya nih orang sebenarnya sama sekali tidak beres!”, Andang mengungkapkan. Bahkan sebelum menduduki jabatan tertinggi di tempat Andang sekarang bekerja, kabarnya beliau ini sempat mendapat mosi tidak percaya dari anak buahnya. Demikian pula track record selama menduduki berbagai posisi strategis yang sempat ditempatinya ternyata tidak ada yang bisa memperlihatkan hasil kerja yang memuaskan sama sekali.

“Makanya kami semua bingung, kok bisa-bisanya orang seperti ini ditunjuk lagi jadi pemimpin?”, sumber kami ini menambahi pada pertanyaan saya tentang alasan mengapa masih ditunjuknya atasannya ini menempati posisi setinggi itu.

Berdasarkan cerita Andang, akibat arogansi sang atasan, mereka yang tidak sependapat atau berseberangan dengan dengannya rata-rata tidak mendapat pekerjaan dalam proyek baru dan pekerjaan lainnya, serta yang paling parah adalah dialihkannya pekerjaan yang semula menjadi tanggung jawabnya kepada orang yang – menurut Andang – dipercayai sang atasan. Tentu saja didapatkan dengan cara menjilat mendekati atasan yang sebenarnya baru beberapa bulan menjabat dan sama sekali tidak memiliki keahlian apa-apa tersebut.

Mendapat penjelasan tersebut bisaku-press cuma bisa menghela napas dan geleng-geleng kepala. Ketika ditanya apa yang akan Andang dan kawan-kawan lakukan nanti, mereka bilang mereka akan melakukan perlawanan dengan melaporkannya kepada pihak yang lebih tinggi. Kita tunggu saja kelanjutannya.

4 responses to this post.

  1. Apa karena ini aku bakal dipecat dan menjadi pengangguran?

    BLOGGER TAK TAKUT MENULIS TENTANG KENYATAAN
    BLOGGER TAK TAKUT MENULIS JUJUR
    WALAUPUN BLOGGER JUGA MANUSIA

    Hidup BLOGGER SEJATI !

    Balas

  2. Jendral selalu benar eh??

    bisaku:
    “Anggap benar kayak itu, Kalo tar disuruh sama jendral mati bunuh diri dipadang ilalang, aku milih mati didepan jendral👿 sambil terlebih dahulu balas sampe puas😈 “

    Balas

  3. biasa. memang begitu, negeri ini..

    bisaku:
    “Kapan bisa bersaing sama yang lain …😥 “

    Balas

  4. Sebetulnya gampang mengatasi masalah ini, salah satunya pindah bagian supaya enggak dapet boss yang suka minta “cash-back” dari vendor.

    bisaku:
    “Thanks for advice … kita tunggu saja nanti apa yang akan dilakukan oleh kawan saya ini.
    Bagaimana bentuk konkrit dari perlawanannya, yang pasti akan saya dukung dan harapan saya kita juga🙂
    Mudahan teman saya masih mau untuk dihubungi secara regular dan mengungkapkan hasil perlawanannya. Kita lihat saja …”

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: