Saat Saya Mengalami Kegagalan!

Apa yang membuatnya berarti adalah proses dari pekerjaan itu sendiri, sehingga apa yang telah didapatkan dari proses tersebut telah menjadi sama sekali tidak berarti karena proses itu sendiri adalah yang terpenting dari segalanya. Siapa yang mampu mengatakan bahwa seorang anak langsung dapat berbicara pada saat dia keluar dari liang kehidupan yang dimiliki oleh kaum hawa ?

Lihatlah dari sisi yang lain saat anda melihat kegagalan, karena apa yang menjadikan kegagalan tersebut ada karena adanya proses yang menjadikannya gagal, bukan karena anda ditakdirkan gagal.Tidak ada hal yang membuat manusia itu gagal, karena manusia adalah mahluk yang paling cerdas dan luar biasa dimuka bumi ini, lalu bagaimanakah Tuhan akan menakdirkan salah satu dari kita untuk gagal?. Tidak bukan? karena apa yang ada hanyalah sebuah pelajaran, sebuah pelajaran yang mahal tentang menerima sebuah proses, membuat proses itu menjadi sebuah pelajaran, mempelajarinya dan berusaha untuk mengulanginya untuk yang berbuah manis dan menghindarinya untuk yang menghasilkan buah yang pahit.

Hal inipun kemudian memunculkan sebuah pertanyaan, hingga kapan kita bisa menerima sebuah kegagalan, dan kapan kita bisa mengatakan bahwa kita harus selalu bangkit dari sebuah kegagalan. Kalau ini ditanyakan kepadaku, aku akan katakan hingga aku masih bisa melihat langit, masih bisa merasakan angin menyentuh kulitku, masih bisa mendengar tawa ceria teman dan keluargaku, masih bisa memiliki sedikit kepercayaan dalam diriku yang kecil ini, aku akan terus dan akan selalu terus mencoba untuk belajar dan bangkit dari semua kegagalan.

Karena semuanya adalah berawal dari sebuah proses, dan proses itu sendiri yang akan menentukan apakah kita akan gagal atau tidak. Sehingga sangat naïf bila saya mengatakan bahwa gagal dan tidak adalah tujuan akhir dari sebuah proses, karena proses yang ada hanyalah salah satu dari banyak bagian yang belum terbuka dari buku kehidupan yang mungkin telah tertulis bagi kita.

2 responses to this post.

  1. semua proses bakal membuahkan hasil. sebuah hasil dikatakan gagal karena tidak sesuai harapan. tapi, sebetulnya tetap ada hasil alias berhasil. tiada hasil tanpa melalui proses. sebaliknya, tidak ada proses yang tidak berbuah hasil, meskipun hasilnya nihil.:mrgreen:

    bisaku:
    “Jadi seperti pewajaran dapat nilai merah di raport bukan kegagalan ya kang:mrgreen:

    Balas

  2. ya… menuai hasil yang buruk… itu aja… tapi ya ada hasil alias berhasil. wajar atau tidak tentu lain lagi:mrgreen:

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: