Teras Narang Demi Trans Kalimantan

Sekitar bulan Maret atau April saya akan melalui jalan darat dari Kalimantan Timur, Kalimantan Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah tembus Kalimantan Barat, dan kita akan langsung menyeberang dari Entikong ke Kucing”, demikian tegas Gubernur Kalimantan Tengah, Bapak Agustin Teras Narang SH dalam acara penyambutan Pangdam VI/Tanjungpura yang baru, Mayjen Tono Suratman pada malam tadi di rumah jabatan Gubernur Kalimantan Tengah, di Palangka Raya.

Hal tersebut, tegas Gubernur Kalimantan Tengah ke 12 [2] ini lagi, merupakan salah satu upaya untuk meyakinkan kementrian PU dan panitia anggaran atas keseriusan dari empat provinsi se-Kalimantan yang tergabung dalam Forum Kerjasama Regional Kalimantan dalam usahanya untuk mewujudkan jalan trans Kalimantan. Sehingga apabila jalan tersebut bisa selesai sesuai dengan rencana, jalur darat ini nantinya bisa menjadi urat nadi perhubungan dan salah satu penunjang dalam percepatan roda perekonomian diantara empat provinsi yang ada di Kalimantan.


Dimana perwujudan jalan trans Kalimantan ini merupakan salah satu impian rakyat Kalimantan untuk daerah yang sampai saat ini masih tertinggal sarana dan prasarana infrastrukturnya. Padahal hal ini sangat dibutuhkan dalam rangka mendukung berbagai kegiatan percepatan pembangunan.

Selain itu, mengomentari masa tugas beliau selaku koordinator Forum Kerjasama Regional Kalimantan yang akan habis jangka waktunya pada 2008 ini, Bapak Teras Narang menyatakan akan mengusahakan terwujudnya 2 target yang menurutnya merupakan tugas dia selaku koordinator, tugas tersebut:

  • Penyelesaian masalah trans Kalimantan
  • Penyelesaian masalah penerbangan antar provinsi

Tak lupa beliau meminta doa dan dukungan dari berbagai pihak yang terkait agar target utama ini bisa terwujud sebelum masa tugasnya habis.

Mengomentari pernyataan Gubernur Kalimantan Tengah tentang impian rakyat Kalimantan untuk mendapatkan akses jalan trans Kalimantan, pangdam VI/Tanjungpura menyatakan siap untuk membantu dan menyukseskan proyek tersebut dengan mengerahkan segenap daya dan upaya yang dimiliki oleh berbagai kesatuan yang sekarang dipimpinnya.

Jalan trans Kalimantan sendiri merupakan proyek yang didanai dari APBN dengan prioritas sekarang ada pada pengerjaan di poros Selatan dengan panjangnya mencapai 3500 km. Pada pengerjaan poros selatan ini diperkirakan menghabiskan dana sekitar 3 Triliun yang dialokasikan dari APBN dan ditargetkan rampung pada tahun 2009, dimana dana tersebut merupakan sebagian dari 11 Triliun yang dibutuhkan untuk merampungkan proyek besar ini [1].

toni untuk bisaku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: