Nge-Blog, Idealisme Vs Populer

Saya bukan seorang penulis berita yang terlalu baik, juga bukan seorang penulis cerita yang bisa membuat pembaca terbawa ke awang-awang layaknya puisi milik Khalil Gibran. Saya juga tidak terlalu bisa membuat sebuah penggambaran situasi sebagus CEO Jawa Pos Dahlan Iskan saat menulis cerita tentang proses penyembuhan penyakit hatinya di Cina yang menurut saya merupakan sebuah karya tulis yang luar biasa. Karena selain memberi inspirasi juga sebuah tulisan yang mampu memberikan gambaran nyata tentang apa yang dialami dan mampu membuat pembaca sadar akan bahaya penyakit seperti yang diderita oleh beliau.

Namun saya juga bukan seorang penulis yang sedemikian mudahnya menulis tanpa isi, tanpa kata-kata yang bermakna, tanpa sebuah tema yang merupakan sebuah kajian akan suatu peristiwa, walaupun itu hanya merupakan sebuah opini atau sekedar curhat. Sehingga tak salah kalau salah satu teman saya yang membaca tulisan saya mengatakan kalau kata-kata dan kalimat serta cara penyampaian saya terlalu kaku, terlalu terikat dengan aturan, terlalu tidak populis. Akibatnya kalau saya diibaratkan sebagai seorang politikus, maka saya adalah seorang tokoh yang segera ditinggalkan oleh orang partai dan pemilih saya. Atau kalau saya adalah seorang pembuat film, film saya adalah tipikal film berat yang hanya menyedot sedikit; bahkan tidak akan menghasilkan keuntungan apa-apa.

Lalu apa yang harus saya pilih?

Kalau beberapa blog yang membahas tentang isi blog mengatakan bahwa tulisan kita memang harus berisikan tema yang populer, enak dibaca, tidak berat, tidak ini dan itu yang pada intinya akan membuat semua pembaca ingin menoleh dan berbalik untuk membaca blog yang kita miliki – maka menurut saya hal tersebut adalah hal yang terlalu mengikat kita sebagai seorang penulis. Padahal kalau dilihat dari ikhwal keberadaan blog menurut saya adalah sebagai tempat seseorang untuk menumpahkan unek-uneknya, dengan kata lain blog bisa diibaratkan sebagai sebuah media pencerahan bagi kita. Dikatakan sebagai media pencerahan, karena dengan blog kita bisa menumpahkan pemikiran kita yang ideal yang menurut kita adalah sebuah kebenaran yang hakiki tanpa harus mengikuti peraturan yang kadang kala membuat kita harus membelokkan sedikit dari idealisme yang kita punya!

Permasalahan tentang apakah itu etis atau tidak etis sebenarnya merupakan pilihan dari para pembaca. Karena blog secara idealnya bisa kita jadikan sebagai gambaran dari pikiran, perilaku, keterwakilan kita, rumah ideal, senjata pamungkas disaat hati merasa tak tentu, pemikiran berlandaskan kemurnian hati tanpa diskriminasi, atau blog saat ini bisa dikatakan salah satu perwujudan yang paling sempurna dari HAK ASASI!

Oleh karena itulah saya sangat membenci isi blog yang hanya mengandalkan keinginan untuk terkenal walau hal tersebut mengorbankan hak-hak orang lain tanpa merunut kewajibannya sebagai anggota masyarakat sebuah komunitas. Tanpa bermaksud melakukan penghakiman, disitu termasuk berbagai blog yang demikian banyak berisi kata-kata yang vulgar, tak bermutu, tak berisi, banyak caci maki dan berbagai hal yang parahnya, sering menjadi blog yang paling populer di jagat internet.

Tapi kalau semua blog berisi hal-hal yang berat, saya juga akan merasa hidup ini semakin hampa. Sudahlah, saya pikir inilah hal yang menjadi pemikiran saya sebagai seorang blogger pemula. Untuk yang senior saya mohon ampun jika tersinggung, toh saya juga akan belajar dari pengalaman apa yang akan saya dapatkan dikemudian hari.

Selamat nge-blog ria ….

3 responses to this post.

  1. […] ingin saya bagi, dimana tulisan ini sejatinya merupakan kelanjutan dari tulisan saya tentang “Nge-Blog, Idealisme Vs Populer” – sebuah pemikiran tentang bagaimana sejatinya tulisan saya tersebut dalam menjalani […]

    Balas

  2. blogging adalah realisasi paling nyata dari pengakuan HAM? wah setuju sekali pak,,menulis apa yang ingin ditulis itu benar2 menyehatkan jiwa dan raga🙂

    bisaku:
    “Tapi tentunya harus dengan aturan🙂 “

    Balas

  3. vProspek yang menarik buat Anda
    dan masa depan Anda
    Temukan Bisnis Internet Paling Mudah, Murah dan Praktis
    Menghasilkan UANG Melimpah Di Internet
    http://www.rekanbisnisonline.com

    Balas

Tinggalkan Balasan

