Mempertahankan Hubungan Jarak Jauh

Berikut ini adalah tulisan yang benar-benar saya tuliskan sendiri untuk kekasih yang jauh di mata pada saat usia hubungan kami menjelang 1 bulan … Sebuah pemikiran dan perenungan serta pandangan filosofis ~ agak maksa memang dibilang seperti itu ~ tentang segenap point-point penting dalam mempertahankan hubungan kami yang terbatas oleh jarak ….

Hasilnya? Sampai saat ini kami masih seperti sepasang pasangan baru yang baru saja pacaran, walau saat tulisan ini ditulis baru saja menginjak ke bulan yang ke tiga. Tapi, semoga saja berlanjut dan bisa berguna juga buat Anda.

Yæñg, beberapa hari lalu, di sela-sela waktu yang bisa dicuri pas mempersiapkan bahan untuk ke JKT, aku nyari di internet tentang bahan-bahan yang bisa dijadikan acuan untuk mempertahankan hubungan kita. Ternyata, ada banyak bahan yang kemudian bisa aku rangkum untuk kita berdua serta aku tambahin dikit-dikit gitu (*-^). Mudahan ini bisa dijadikan acuan or minimal sih kutipan, jaga-jaga saja kalau ada tambahan dari kamu, maka tambah saja dengan mengirimkan ~ mestinya sih pake email, tapi kalo lewat HP kemahalan ~ surat punyamu ke alamatku. Soalnya kalo lewat sms, wah kepanjangan yæñg he,,
Oke, sekarang kita mulai saja yah, tarik nafas, buang, tarik, buang, aduh … kayak jadi bidan aja (^o^) …

  1. Saling percaya, keterbukaan dan komunikasi
    Kalau ini memang mesti di pegang bak anak kecil megang permen yæñg. Gak ada rumusnya kalau ini sudah hilang, sudah pasti tanpa point ini hubungan kita bakal mati perlahan dengan suksesnya. Bayangkan saja kalau tanpa adanya kepercayaan, pas aku kirim sms ke kamu dan tidak langsung di balas, tanpa kepercayaan mungkin aku bakal mikir kamu lagi jalan sama cowo ~kamu emang lagi jalan sama cowo, sama Bapamu he,,~ lain ke arah kebun karet. Selain gak bisa langgeng, kita berdua gak bakal bisa menikmati hubungan kalau seperti itu. Tentu saja saling percaya itu tidak muncul begitu saja, karena itu adalah proses yang dilahirkan dari keterbukaan dan komunikasi yang intent, yang kita lakukan bukan karena kewajiban tapi merupakan sebuah kebutuhan.
  2. Sabar, tapi jangan biarkan ketidaknyamanan
    Sabar itu boleh, tapi sabar memang ada batasnya. Sebagai contoh; Kalau aku kelamaan balas sms mu, lalu timbul rasa tidak nyaman pada dirimu, jangan diam saja dan bersabar terus. Karena suatu masa mungkin rasa tidak nyaman itu bisa kamu lemparkan ke orang lain, mungkin saja dengan teman kantormu yang bisa membalas sms dengan cepat. Alih-alih mendapat teman curhat, eh… kau malah dapatkan ~syukur-syukur bukan lawan jenis~ sahabat dekat he,, Jadi kalau aku tidak balas sms dengan cepat, tanya dan kalau memang perlu, marahi saja aku. Jangan biarkan ketidaknyamanan membuat kita jadi memendam hal tersebut dan berpotensi untuk menjadi bom waktu yang mematikan.
  3. Jangan selalu menunggu untuk dihubungi, tunjukkan kepedulian
    Berkaitan dengan nomor 2 ini yæñg, dan sangat penting juga menurutku. Ada kaitan juga sama kata gengsi. Kalau memang kangen janganlah kita berdua merasa gengsi untuk memulai, siapa tahu memang saat itu aku lagi sibuk ngelihat program komputer, atau mungkin kamu yang lagi sibuk untuk mengurus muridmu. Kalau memang tidak bisa telpon ~di jam kerja atau gak yakin lagi free~ sms lah dengan kata-kata singkat semisal “Lagi ngapain sayang “ atau mungkin “sayang, lagi selingkuh yah … “ Sadis he,, Bagiku pribadi, perhatian seperti itu benar-benar menyenangkan dan menambah kadar hormon kerinduan dan menambah banyak lagi sel cinta yang bisa di replikasi lebih banyak, tapi dengan kadar yang tidak akan merusak seperti virus dan terkontrol hanya untuk … *halah* he,,
  4. Selalu berhubungan setiap saat
    Sudah ada telpon, sms dll. Ini sendiri merupakan tujuan dari nomor 2 dan 3 yang akan menghasilkan efek selalu merasa dekat buat kita berdua. Memang seperti katamu kemarin, “Hubungan kita ini tidak enak di mata”, karena memang jauh. Tapi bukan berarti kita harus menyerah, jadi, kita jadikan saja batas dan penyekat ini sebagai pemicu rasa yang ada. Karena ada sisi positifnya, kita gak cepat bosan kan he,, Cuma memang rumusan dari berhubungan setiap saat ini harus secara hati-hati di lakukan, jangan sampai; sebagai contoh, kamu merasa aku selalu merongrong dengan sms ku, atau sebaliknya. Bukankah yang berlebihan itu memang tidak baik? Selain itu dari hal-hal remeh seperti ini kau dan aku bisa saling menyelami ~emang kolam~ karakter masing-masing.
  5. Kita punya teman dan saudara
    Cari aktifitas lain bersama adek, ibu, bapa, atau teman-teman kantor yang lain akan lebih baik bagi kita, dengan sebuah aktifitas yang lebih menyenangkan. Sehingga kegiatan tersebut bisa membunuh sedikit rasa rindu yang hadir ~mungkin~ di saat yang tidak tepat, dibandingkan tidak mau turun dari tempat tidur sambil membuang berliter air mata yang membuat bantal basah sampe lumutan ha,,
  6. Jangan memulai untuk merusak hubungan
    Maksudku disini adalah, jangan memulai tindakan yang dapat mempersingkat hubungan. Kalau memang tidak ingin pasangan berselingkuh, jangan berselingkuh! Sama seperti halnya anggapan untuk mendapatkan cinta, maka kita juga harus mencintai. Pada awal hubungan kita, mungkin tidak akan terpikir kalimat awal point nomor 6 ini. Tapi dengan berjalannya waktu dan dengan semakin banyak persoalan, bisa jadi pernyataan sederhana yang kita tertawakan tersebut akan menjadi sebuah pernyataan yang sangat serius!
  7. Buat kejutan
    Mengirimkan uang 1 juta ke rekeningku adalah salah satu kejutan hahahahaha … Atau mengirimkan MMS dengan pose mu yang paling antik juga bisa menjadi penghibur buat aku yæñg (^-^) Yang paling sederhana bisa berupa sms cinta di waktu yang tidak biasa, atau mungkin setangkai mawar yang dikirimkan lewat surat, atau mungkin kunjungan tiba-tiba ke tempat pasangan. Segala kejutan bisa menjadikan hubungan kita menjadi segar dan lebih bermakna.
  8. TUHAN … TUHAN … dan TUHAN ….
    Sengaja diletakkan di nomor terakhir, soalnya biar bisa lebih lengket di kepala kita berdua. Biar kita bilang bahwa “anak kita akan menetas 1-2 tahun lagi”, kalau TUHAN bilang besok aku di panggil pulang? Apa bisa di kata. Karena itu selain usaha maksimal berupa pilihan yang benar berdasarkan aturan sorgawi dan bukan duniawi, kita juga harus menyertakan TUHAN dalam setiap langkah kita, selain sebuah hikmat agar selain mampu menerima kemenangan hubungan kita, kita juga harus bisa menerima kekalahan yang paling sakit sekalipun.

Sudah 8 point utama untuk kita yæñg. Sebuah komitmen memang harus dibuat dan ini sebenarnya adalah hal utama lainnya, tapi menurutkan dengan dijalankannya point diatas, secara sendirinya akan melahirkan sebuah komitmen bagi kita.

Aku mencintai dirimu yæñg …

About these ads

86 responses to this post.

  1. Posted by naya on April 29, 2011 at 10:30 pm

    saya bingung , sekarang saya sdg menjalani hub. jarak jauh hampir setahun . dlu saya percaya sekali sama pasangan sy . krena komunikasi yang lancar tapi kepercayaan saya luntur krena dia sempat selingkuh . wlaupun dia udh minta maaf tp rasa trauma itu msh ada smpe skrg . apa lg skrg kami sering brtengkar hanya krena saya mempertanyakan skp nya yg berubah, yg tak seperhatian dlu . dia menganggap sy kekanak2an dan banyak menuntut . pdhl saya hanya ingin membangun komunikasi yg lancar agr hub. ini harmonis lagi . bgaimana baiknya ? kalau komunikasi itu seperti beban bginya bkn lg kebutuhan .

    Balas

    • Dalam hubungan jarak jauh yang paling penting adalah kepercayaan! Baik diantara Anda dan juga pasangan Anda. Tanpa itu semua, kebahagiaan dalam Jarak Jauh adalah sebatas abstraksi dan mimpi dalam kemalangan.

      Sekarang Saya menyarankan kepada Anda untuk mempertanyakan diri Anda dulu, apakah Anda masih berkomitmen untuk terus menjalankan hubungan Anda sekarang? Kalau Anda sudah mempu menjawab dengan gamblang, maka jadikan jawaban itu sebagai dasar bagi Anda untuk melangkah lagi.

      Bagi saya dan pasangan saya, sedari awal sudah merupakah komitmen bahwa tiada maaf untuk sebuah perselingkuhan dalam hubungan jarak jauh …

      Balas

  2. Posted by dea on Mei 10, 2011 at 2:05 am

    aku juga nglamin LDR..tp emang bner susah bgt numbuhin kepercayaan sm cwo aku. Apalagi cwo aku adalah vokalis band,sekarang ini band ny udah lumayan terkenal,,pasti deh suka banyak cwe2 genit yg gmna gtu,,aku liat d group fb nya jja udah bnayak bgt cwe yg genit ma dia..Akhir2 ini dia sibuk bgt,ga pernah ada waktu buat aku,sms juga jarang,,aku takut dia lebih mentingin itu semua…
    klo udah sibuk gitu makin ja jarang ktmu..udah LDR,sibuk pula…
    aku harus gimana supaya percaya n lebih ikhlas lg./??

    Balas

    • Posted by Fahrul on Juli 18, 2011 at 10:56 pm

      Semua tergantung cowoknya…
      Sya juga pcaran jarak jauh, z juga aktifis psikolog, z juga kerja sambil kuliah,,

      z juga dikerumuni cewek yang ganjen + cantik,, tapi z tidak tergoda,,
      krna sy tidak pernah mempermainkan persaan…

      Klu cwok kamu synk ma kmu, dia tdak akan tergoda,,
      itu saja…. ya kan?????

      Balas

  3. Posted by putri on Juni 3, 2011 at 11:15 am

    ahhh,… bo’Ong, q ga akan bisa percaya sama cowok aku.
    coz wkt Qta jdian dia masih sering Contek”n ma mantanya.
    huuhhh..ckittt bngettt

    Balas

  4. Posted by iin apriyanti on Juli 25, 2011 at 3:21 pm

    saya pernah menjalin LDR namun g bertahan lama gara2 si dia mendua dengan ade tingkatnya. sakit……banget rasanya.

    Balas

  5. Posted by w3ling. on Juli 28, 2011 at 7:09 pm

    hub aq yg LDR…. hampir hancur….. q cb brtahan…. tp sakit. …ap harus aq dprmainkan….. dy mnjlin hub dg wanita lain…. aq hrs sllu memeafkan kesalahannya sementara dy sllu menyalahkan aq dan klgaq…. mhon doanya agar aq dapatkn jalan yg terbaik……

    Balas

    • Posted by rendhy on Januari 25, 2012 at 8:32 pm

      amin, moga hbunga anda bsa brtahan sprti yg sya alami skrang, yg kmu alami hmpir sya dengan yg sya alami,,,,

      Balas

  6. hubungan jarak jauh merupakan suatu tantangan akan arti kesetiaann….hhhhmmmmmmmmm

    Balas

  7. aku sekarang juga lagi mau ngalamin LDR. aku di malang kuliah, pacarku di jakarta kerja. uuh. semoga aja bisa. ngebaca cerita* kalian, jadi takut sendiri.

    Balas

  8. Posted by vee on September 9, 2011 at 1:42 pm

    saya sedih…hubungan sy sudah 2th..saya sudah terbiasa bersama ketika SMA dulu..kemana” bareng.. skr saya lulus & kerja d jakt,, dia kuliah di solo..Hubungan kami tersendat org tua aq yg sedikit matrealistis..
    aq bingung..kapan aq bs ketemu dia>??
    ngadepin LDR aja dah bikin kepala puyeng tiap hari,, d+ lagi respon ortuku yg gak ngeenakin..
    target lulusnya hubungan ini masih 4th lagi…(semoga kita bs nikah)amin.
    lantas..skr aku hrus bagaimana??masa org pacaran gak ketemu sama sekali????

    Balas

  9. Posted by dhaquick on Oktober 3, 2011 at 5:18 pm

    hmmmm jrak jauh,,3thun ak njalanin it smua,, ak perca sma dia mkanx 3thun ak brtahan, Prnah kita sma2 nglakuin ksalahan yaitu sma2 SLINGKUH.,,, Tpi ak ma dia msi bisa saling mmaafkan,,aku syg bangat ma dia, n ak yakin dia jga syg ma ak,,,,dri kjadian perselingkuhan kita,,,,,kita sama2 sdar g ad yg lbih baik N G AD Yg bisa gatiin posisi dia di hatiku bgitu pula dgn dia,,, lv u

    Balas

    • Posted by rendhy on Januari 25, 2012 at 8:40 pm

      yg kmu alami itu hpir sma dengan yg aku alami, klw aku udah jalani slama3 tahun 6 bulan, dia jga prnh slngkuh dngan tmnQ sndri tpi smua itu aku sukuri krna stlah aku tau smua itu dia mulai sadar btapa aku sngat mncintaix dan dia jga mulai tdk mau apadila aku mninggalkanx

      Balas

  10. Posted by Rafika on Oktober 8, 2011 at 9:09 pm

    setuju….buktinya aku bisa. . .udah 5 bulan jalan. . .bahkan kita tunangan beberapa minggu lalu. . . (^_^)

    Balas

  11. qu pcran dh 2th lbih, qt sma2 krja qu d sbrya cwe qu d bkasi, slma nc hbungn qt bæk2 tp stlah qu tau d prnah ska ma cwo læn rsa kpcyan tu dh mlæ pudar prsan curiga pun slih brgnti dtg qu msh sangsi p dy emg bnr2 srius m qu,. Help me please,.

    Balas

  12. Posted by afika on Mei 27, 2012 at 7:13 pm

    waduh waduh… baru pacaran jarak jauh aja GALAU…sy adalah istri yang suaminya jauh di pedalaman sono, dia kerja ak kerja…sama2 pegawai tetap, mapan, dan susah pindah… 6 tahun pacaran, setahun nikah. baik2 saja. sekarang malah lagi hamil. LDR ga menghalangi kok. toh dia disana mencari sesuap nasi dan ak menjaga bayi (aku kerja n kuliah juga)… kalo dah jodoh ga kemana. kita akan dipertahankan manakala kita memiliki kualitas diri. yakin aja.

    Balas

  13. Posted by aris kurniawan on Juli 22, 2012 at 12:08 pm

    aku sekarang lg bingung.. sekarang pacarku ada di luar kota dan dia juga uda di ganggu cowo tapi dia d\ga pernah bilang sama aku.. aku coba ngrasa sabar dalm smua ini tp rasa ksabaranku udah ga bisa di tahan… kalau aku sms atau nelfon,sering kali dia bnyak krjaan pngen tdur krn cpek.. aku ga tau lg harus gmna dlm hbunganku… btuh solusi tp aku ga punya tmen buat curhat.. lain halnya dg dia yg bnyak temen jd stiap ada msalah dgku,dia cpek yg me bls atau agkat tlfonku…

    BALAS

    Balas

  14. Posted by maysara on November 21, 2012 at 5:25 pm

    akku sihhh masih SMP
    tk apa lahh, aku sudah menjalani hubungan dengan cwokku selama 1 tahun 5 bulan bhkan ampe sekarang masih ama dia
    3 bulan yg lalu kami terpisah
    dia di jawa aku di kalimantan
    aku di kaltim ikut orangtua, terpaksa deh aku menjalani LDR
    aku sih berharap semoga gg ada masalah apa hub,ku ma dia
    kami sih mempersatukan kepercayaan

    Balas

  15. Posted by hertha irwan on Februari 20, 2013 at 11:17 am

    saya sedang mengalami hubngan jarak jauh , tapi tanpa komunikasi , krena posisi dia sedang ditengah laut dan tidak ada signal !!

    Balas

  16. Posted by hertha irwan on Februari 20, 2013 at 11:23 am

    bagaimana yaa caranya biar hubungan saya dengan dia langgeng , meskipun tidak ada komunikasi

    Balas

    • LDR itu dasarnya percaya … Kalau Anda percaya dengan pasangan Anda, tanpa ada komunikasipun, LDR akan terus langgeng. Namun, ada kalanya dalam satu masa Anda harus memiliki hubungan langsung, bertatap muka lansung dan bersenda gurau secara langsung. karena LDR, selain percaya juga harus ada komunikasi …

      Bagaikan sebuah bunga, percaya & cinta kasih adalah roh sang bunga, komunikasi adalah pupuknya … lebay ya :)

      Balas

  17. Posted by layli on Oktober 3, 2013 at 9:30 pm

    sebenar,a cinta LDR itu bisa bertahan lama gak sih ??

    Balas

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: